Desa BSI Lampung Tingkatkan Pendapatan Petani Lokal

- Minggu, 27 Februari 2022 | 22:33 WIB
Caption foto: Salah satu petani Desa BSI Lampung menunjukkan beras produksi PT Gapsera Sejahtera yang merupakan hasil dari pendampingan Yayasan BSMU dan BSI.Foto: Humas BSI.
Caption foto: Salah satu petani Desa BSI Lampung menunjukkan beras produksi PT Gapsera Sejahtera yang merupakan hasil dari pendampingan Yayasan BSMU dan BSI.Foto: Humas BSI.

Gardunesia.com -  Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memiliki program unggulan Desa BSI atau Desa Berdaya Sejahtera Indonesia.

Program pemberdayaan wilayah binaan ini difokuskan untuk pengembangan klaster usaha di wilayah desa baik di sektor pertanian, peternakan dan perkebunan. Program ini dilakukan dengan pendampingan intensif baik teknis maupun pendekatan dakwah Islam.

"Yayasan BSMU dan BSI memiliki enam desa BSI yang tersebar di klaster Pertanian Padi Desa Rejo Asri, Lampung, klaster Peternakan Kambing Desa Kedarpan, Purbalingga, klaster peternakan sapi Desa Jati Trenggalek, dan klaster Pertanian Mina Padi Desa Candi Binangun Yogyakarta," ujar Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro, dalam keterangan resminya, Sabtu (26/2/2022).

Khusus untuk Desa BSI di Lampung, tercatat telah memenangkan penghargaan lingkungan Kalpataru untuk pertanian organik dan ramah lingkungan di 2019.

"Desa BSI Lampung pada 2021 juga telah mengirimkan duta petani milenial dan duta petani dari Kementerian Pertanian," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, program Desa BSI telah memberikan manfaat ke berbagai stakeholder, salah satunya adalah pembukaan akses bank dengan penambahan 152 number of account.

Hal ini mendukung terciptanya budaya transaksi non tunai dan membiasakan petani mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Group Head Change Management and Transformation Office BSI, Suhendar berharap program Desa BSI  bisa meningkatkan mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan dampak sosial berkelanjutan.

"Kami berkomitmen penuh pada pengembangan people, planet dan profit dengan pengutamakan kaidah Maqasid Syariah,” kata Suhendar.

Halaman:

Editor: Davi Pranataliadi

Sumber: Sri Sugiarti

Tags

Terkini

Peringati HUT Ke 22, BAZNAS Gelar Khitanan MassalĀ 

Selasa, 17 Januari 2023 | 23:45 WIB

BAZNAS Luncurkan Program ZCoffee

Rabu, 11 Januari 2023 | 22:58 WIB

Percepat Kerja Kemanusiaan, Jufi Gelar Raker 2023

Senin, 9 Januari 2023 | 08:55 WIB

Presiden Jokowi Terima Ketua Umum PBNU

Senin, 2 Januari 2023 | 22:00 WIB

Terpopuler

X