• Selasa, 29 November 2022

Inilah Penyebab Kulit Kering pada Lansia dan Solusinya.

- Minggu, 5 Juni 2022 | 02:19 WIB
Kulit kering dan gatal yang dialami lansia. foto: Istimewa
Kulit kering dan gatal yang dialami lansia. foto: Istimewa

Gardunesia.com - Ada banyak yang berubah ketika kita memasuki usia senja atau lanjut usia (lansia), termasuk kondisi kulit. Selain masalah keriput, lansia kerap mengalami kulit kering dan gatal.

Anti Aging Consultant, Dokter Erik Tapan, MHA, menyebutkan bahwa data menunjukkan golongan lanjut usia atau lansia banyak yang menderita kulit kering hingga gatal.Sayangnya jika tidak dicermati, banyak lansia yang mengobati gatal dengan obat anti gatal biasa tanpa berusaha memperbaiki kondisi kulit keringnya.

"Akibatnya begitu khasiat salep atau obat minumnya habis, gatal timbul lagi, dan tanpa memeriksa diri ke dokter lagi, pasien menebus sendiri obat/ salep anti gatal tersebut. Atau karena nggak sembuh-sembuh, maka orang tua menerima sebagai takdir saja," ujar Dr. Erik Tapan, MHA, Anti Aging Consultant, melalui rilisnya, Sabtu (4/6/2022).

Pada kesempatan ini, Dr. Erik Tapan, MHA, yang merupakan pemilik brand klinik kecantikan L'Melia menjelaskan beberapa penyebab kulit kering dan gatal pada lansia.

Pertama, menurutnya, karena kondisi jaringan kulit dan metabolisme orang tua yang membuat cenderung kulit kering. Kedua, yakni karena tinggal di tempat berudara dingin dan kering.

Ketiga, paparan langsung dari AC atau pemanas juga bisa jadi penyebab kulit kering dan gatal. Adapun penyebab keempat, adalah sering terpapar langsung sinar matahari. Sedangkan keempat, dampak dari penyakit kronis seperti hipotiroid, ginjal, kencing manis, dan lainnya.

Penyebab kelima, yakni akibat radiasi atau kemoterapi. Adapun keenam faktor genetik seperti penyakit autoimun, dan lainnya. "Terakhir, penyebabnya bisa karena faktor sistemik seperti kanker, malnutrisi, dan lainnya," jelasnya.

Dokter Erik Tapan, MHA, Anti Aging Consultant, pemilik brand klinik kecantikan L'Melia. foto: Istimewa.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022, Dr. Erik Tapan, MHA, pun memberikan solusi bagi para lansia untuk mengatasi kulit kering yang dialami mereka.

Halaman:

Editor: Davi Pranataliadi

Sumber: Sri Sugiarti

Tags

Terkini

BPOM : Vaksin Booster Covid-19 Meningkatkan Antibodi

Senin, 10 Januari 2022 | 19:05 WIB

BPOM Beri Izin 5 Vaksin Covid-19 untuk Booster

Senin, 10 Januari 2022 | 18:35 WIB

BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 | 15:13 WIB

Vitamin K2 Sehatkan Tulang dan Jantung

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:00 WIB

Jahe Manfaat untuk Kesehatan dan Ampuh tangkal Mual

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:00 WIB

10 Cara Alami Turunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat

Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:00 WIB

5 Makanan Yang Cocok disaat Sakit

Selasa, 23 November 2021 | 16:52 WIB

Terpopuler

X