• Selasa, 29 November 2022

Pemerintah Canangkan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia

- Rabu, 24 November 2021 | 13:59 WIB
5 destinasi wisata super prioritas
5 destinasi wisata super prioritas

Pemerintah mencanangkan program "10 Bali Baru" sebagai destinasi wisata pilihan, dengan tajuk Destinasi Super Prioritas.

Diharapkan, destinasi-destinasi tersebut tak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan saja, namun juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.

Dapat menarik wisatawan memang menjadi tujuan, namun selain itu program ini juga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan didaerah-daerah dan juga menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

Berikut ini adalah 5 Destinasi Wisata Super Prioritas:

1.Danau Toba, Sumatera Utara, Danau vulkanik terbesar di dunia.

Luna Maya menikmati pemandangan Danau Toba yang indah dari lokasi Kaldera Toba. (Instagram @lunamaya)

Jika ditinjau dari segi geologis, terbentuknya Danau Toba tak terlepas dari sejarah letusan super dahsyat yang membentuk danau kaldera ini. Hal ini diungkap oleh Van Bemmelen, geolog asal Belanda dalam bukunya The Geology of Indonesia (1939) yang mengungkapkan hipotesisnya mengenai proses terbentuknya Danau Toba.

Saat letusan berlangsung setidaknya Gunung Api Purba Toba telah memuntahkan tidak kurang dari 2.800 km3 material vulkanik. Parahnya akibat letusan dahsyat tersebut populasi manusia di bumi menyusut hingga 60% dan diikuti terganggunya mata rantai makanan.
Bahkan letusan gunung api purba ini disebut-sebut sempat membuat spesies Homo Sapiens nyaris punah. Migrasi manusia modern juga terhenti, karena letusan membuat Homo Sapiens terisolasi di suatu tempat di Afrika.

Kini hasil letusan tersebut membentuk sebuah danau indah yang menjadi daya tarik wisata di Sumatera Utara dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Kedalaman Danau Toba berkisar pada 500 meter dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Halaman:

Editor: Anton Nugraha

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Terkini

Status Gunung Gede Pangrango Setelah Gempa Cianjur

Selasa, 29 November 2022 | 09:17 WIB

ATM Dubai 2022, Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:33 WIB

Yuk Wisata Ke Brown Canyon Semarang

Minggu, 30 Januari 2022 | 23:36 WIB

Lima Fakta Dan Sejarah Menarik Patung GWK Bali

Minggu, 2 Januari 2022 | 20:40 WIB

Terpopuler

X