BKIPM Ternate Ekspor Perdana Kepiting Bakau ke Singapura

- Kamis, 14 April 2022 | 02:18 WIB
Pelepasan Ekspor Kepiting Bakau ke Singapura di Ternate, Minggu (10/4/2022). Foto: Humas BKIPM Ternate.
Pelepasan Ekspor Kepiting Bakau ke Singapura di Ternate, Minggu (10/4/2022). Foto: Humas BKIPM Ternate.

Gardunesia.com -  Tak hanya mencegah masuknya komoditas perikanan ilegal, sinergitas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Bea Cukai juga membantu koperasi untuk mengakses pasar ekspor. Seperti yang ditunjukkan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate (BKIPM Ternate), yang berhasil mengantar Koperasi Perikanan Sinar Laut Malut menjangkau pasar Singapura.

“Ini merupakan ekspor perdana dari koperasi Sinar Laut Malut. Total 210 ekor Kepiting Bakau hidup yang diekspor,” kata Kepala BKIPM Ternate, Arsal dalam rilisnya yang diterima Gardunesia.Com, Rabu (13/4/2022).

Arsal menyebutkan ekspor dilakukan setelah koperasi memiliki sertifikat instalasi karantina ikan (IKI) sebagai pelengkap sertifikat cara penanganan ikan yang baik (CPIB) dan syarat lainnya.

“Kegiatan ekspor perdana ini dilakukan di Kargo Bandara Sultan Babullah Ternate pada Minggu 10 April 2022,” ucapnya.

Baca Juga: Warung Bebek Ikut Khatam Quran

Berdasarkan data lalu lintas, ekspor kepiting bakau pada tahun 2021 mencapai 12.608 ekor dengan nilai Rp2.542.163.271. Sedangkan Januari-Maret tahun 2022, tercatata ekspor kepiting bakau sudah mencapai 5.405 ekor dengan nilai hampir semiliar.

Berdasarkan data tersebut, Arsal menyebut wilayah Maluku Utara memiliki potensi yang sangat besar untuk komoditas kepiting bakau. Dia memastikan, KKP melalui BKIPM selalu berkomitmen untuk mendorong pelaku usaha bisa ekspor.

Terlebih di tahun ini, KKP menargetkan penerbitan 10.000 CPIB. Gencarnya sertifikasi CPIB diharapkan akan berdampak positif bagi peningkatan dan percepatan ekspor komoditas perikanan di Maluku Utara, khususnya Ternate.

“Kami akan terus berkomitmen dan mendukung peningkatan ekspor Provinsi Maluku Utara dengan memberikan pelayanan yang prima kepada para pelaku usaha,” tegas Arsal.

Halaman:

Editor: Davi Pranataliadi

Sumber: Sri Sugiarti

Tags

Terkini

Terpopuler

X